• Jalan ZA. Pagar Alam No. 93, Kota Bandar Lampung
  • (0721) 787214 ext. 150
  1. Beranda
  2. Profil

Sejarah

Berawal dari niat dan ketulusan hati seorang putra asal Lampung, Hi. Alfian Husin, S.H yang ingin mengabdi di daerah asalnya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya generasi muda agar dapat berkiprah dan berkompetisi dengan SDM-SDM daerah lain maupun dengan bangsa-bangsa lain dalam rangka menghadapi era perdagangan bebas, hal ini diwujudkan dalam pendirian Yayasan Pendidikan Alfian Husin melalui Notaris Cahaya Hairani Djausal Zubaidi, S.H akta Nomor 4 (empat) tanggal 5 Januari 1995 berkedudukan di Kotamadya Bandarlampung jalan Teuku Umar No. 93 kelurahan Gedong Meneng kecamatan Kedaton dengan Badan Pendiri Hi. Alfian Husin, S.H, dr. Hj. Yoenidar Karim Alfian, Andi Desfiandi, S.E, MA dan Meizary Alfian, S.E, MBA.  Sedangkan badan pengurus adalah Meizary Alfian, S.E. MBA (ketua), Firmansyah Yunialfi Alfian (wakil ketua), dr. Lyza Marfianita Rozalinda (Sekretaris I), Dian Septarina, BA(Sekretaris II) dan dr. Hj. Yoenidar Karim Alfian (Bendahara) dan Badan Pengawas terdiri dari Hi. Alfian Husin, SH dan Andi Desfiandi, S.E, MA.


Seiring dengan visi dan misi Yayasan dan kondisi tantangan kedepan maka berdasarkan hasil rapat yayasan diambil keputusan untuk merubah  susunan badan pengurus dan badan pengawas yang dikuatkan oleh Notaris Cahaya Hairani Djausal, SH akta No. 2 tanggal 23 Januari 1995 dengan susunan Badan Pengurus Hi. Alfian Husin, S.H (Ketua), Meizary Alfian, SE, MBA (wakil ketua), dr. Lyza Marfianita Rozalinda (sekretaris I), Dian Septarina, BA (sekretaris II), dr. Hj. Yoenidar Karim Alfian (bendahara). Sedangkan Badan Pengawas adalah Andi Desfiandi, SE, MBA dan Ir. Firmansyah Yunialfi Alfian.

Melalui yayasan ini maka untuk pertama kalinya didirikan Lembaga Pendidikan Tanjung Karang (LPTK) dengan mendapat izin prinsip dan operasional dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Lampung untuk menyelenggarakan kursus komputer dan program pendidikan satu tahun.  Dengan perkembangan lembaga ini (LPTK) serta pesatnya tuntutan masyarakat lampung, maka pada tanggal 5 Juni 1997 berdirilah Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer DARMAJAYA yang lebih dikenal dengan STMIK-STIE DARMAJAYA yang dikukuhkan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah II berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 29/D/O/1997. Kemudian pada tahun 2002, STMIK Darmajaya menambah dua program studi baru yaitu :(1)Sistem Informasi S1, (2)Sistem Komputer S1.

Pada bulan Agustus 2008, STMIK-STIE Darmajaya menambah berubah status dari Sekolah tinggi menjadi Institut dengan nama Institut Informatika  dan Bisnis Darmajaya (Informatics and Busines Institute Darmajaya (IBI Darmajaya). Dengan no SK 165D02008 tanggal 20 bulan agustus 2008, di tahun bulan september dan november IBI Darmajaya menambah 2 program studi Pascasarjana magister Teknik Informatika dan Magister Manajemen.

Program Studi Magister Teknik Informatika (PS-MTI) Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya berdiri berdasarkan izin penyelenggaraan Nomor: 1717/D/T/2009 yang di tandatangani oleh Direktur Jenderal Departemen Pendidikan Tinggi dan izin operasional program studi Nomor: 8989/D/T/K-II-2011 an. Direktur Jenderal Departemen Pendidikan Tinggi Koordinator Kopertis Wilayah II.